Contiunous Tense

Continuous Tense

Present Continuous Tense untuk menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung ketika pembicaraan terjadi. Selain itu, Present Continuous Tense juga bisa digunakan untuk menyatakan kegiatan di masa depan yang sudah terencana.

▪ My father is driving his car to Solo now

▪ The man is writing his novel this month

 Past Continuous Tense ini bisa kamu gunakan untuk menceritakan kejadian yang sedang berlangsung di masa lampau. Jadi sebenarnya kejadiannya sudah lewat.

 ▪  I was shopping at this time yesterday

 ▪  When i phoned my friend, they were playing monopoly

Future Continuous Tense ini digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sedang berlangsung di masa depan.

 ▪ I will be playing games when you come tonight

 ▪ Henry will be calling you at 8 o'clock tomorrow morning.

simak rumusnya pada gambar di bawah ini! 


Contoh soal

1.Lucy     : “Are they ....... football now?”

Martha    : “No, they .......

A. Play,aren't

B. Playing,are

C. Play,are

D. Playing,aren't

2.I can’t play with my brother because he ...... sleeping .......

A. Is, right now

B. Are, right now

C. Is, yesterday

D. Are, yesterday
3.Translate this sentence into English using present continuous tense!

“Ibuku sedang memasak di dapur”

A. My mother are cooking in the kitchen

B. My mother is cook in the kitchen

C. My mother is cooking in the kitchen

D. My mother are cook in the kitchen

4.Viona    : Where were you last night? I called you at 7 PM but there was no answer.

Kartika : I am sorry. I ............. at that time, I was so tired.

A. Were sleeping

B. Am sleeping

C. Was sleeping

D. Am sleep

5.Sabrina .............................. while her friends ..................... together at the park.

A. Was taking a nap, were playing

B. Was taking a nap, was playing

C. Took a nap, were playing

D. Was taking a nap, played

6.My father ................ home while my mother and I ................... TV.

A. Was coming, watched

B. Came, are watching

C. Was coming, was watching

D. Came, were watching

7.What is the correct pattern of future continuous tense forming negative sentence?

A. S + will + be + not + Verb ing

B. S + be + will + not + Verb ing

C. S + will + not + be + Verb ingD. S + be + not + will + Verb ing
8.Translate that sentence into English using Future Continuous Tense!

“Apakah kamu akan datang ke pesta ulang tahunku di waktu ini minggu depan?”

A. "Will you come to my birthday party at this time next week?"

B. "Will you coming to my birthday party at this time next week?"

C. "Will you coming be to my birthday party  at thii time next week?"

D. "Will you be coming to birthday party at this time next week?"

9.Jessica      : ”Are you free at 9 AM tomorrow?”

Sarah        : “No, At that time, I ......... to my grandma’s house with my family."

A. Will be goingB. Will goC. Will going beD. Will going
10.Donna    : “Can you pick me up tomorrow?”

Marissa  : “Yes, I can. I ......................... for you when you..............at the airport”

A. Will be wait, arriving

B. Will be waiting, arrives

C. Will be waiting, arriving

D. Will be waiting, arrive

Answer

1. D

Dalam percakapan di atas, terdapat kalimat tanya yang menggunakan present continuous tense. Sesuai rumus sebelumnya, seluruh kalimat present continuous baik itu positif, negatif, maupun interogatif harus menggunakan verb-ing, jadi kata kerjanya akan menjadi “playing” dan subjek “they” merupakan salah bentuk subjek jamak yang harus menggunakan to be “are”. Namun pada jawaban tersebut terdapat kata “no” yang artinya negatif, jadi setelah to be  “are” harus di tambahkan “not” menjadi “aren’t

2. A

Pada kalimat di atas menggunakan subjek “he” yang berarti salah satu bentuk subjek tunggal yang harus menggunakan to be “is”. Dan keterangan waktu yang tepat adalah “right now” karena Present Continuous Tense salah satu fungsinya untuk menjelaskan kejadian yang sedang berlangsung saat ini, sedangkan “yesterday” adalah bentuk lampau yang biasa digunakan untuk tensis “simple past tense”.

3. C

Sebelum kita menerjemahkan kalimat di atas ke dalam Bahasa Inggris, kita perlu tahu dulu rumus dari present continuous yaitu ( Subject + to be (is, am, are) +  verb Ing). Karena my mother adalah bentuk subjek tunggal (she) maka harus menggunakan to be “is”, dan kata kerja memasak (cook) harus di tambahkan “ing” menjadi “cooking.”
4. CPernyataan di atas menjelaskan tentang sesuatu yang sedang berlangsung di masa lampau dan harus ditulis menggunakan past continuous tense. Sesuai dengan rumusnya, dalam past continuous hanya ada 2 to be yaitu “was” (untuk subjek tunggal) dan “were” (untuk subjek jamak). I merupakan subjek tunggal dan harus menggunakan to be “was”, sedangkan untuk kata kerja tetap harus ditambahkan dengan –ing menjadi “sleeping”. Jadi jawaban yang tepat adalah C.
5. ADalam kalimat di atas, ada dua kejadian yang digabungkan dan dua kejadian tersebut termasuk ke dalam kejadian yang membutuhkan durasi yang lama, artinya keduanya harus menggunakan past continuous (was/were + V-ing). Pada kalimat pertama subjek yang digunakan adalah “Sabrina” artinya itu adalah subjek tunggal yang harus memakai to be “was”, ditambahkan verb ing menjadi “taking a nap”. Pada kalimat kedua menggunakan subjek “her friends” yang berarti banyak atau jamak sehingga harus menggunakan to be “were” ditambahkan dengan verb ing menjadi “playing.” Jadi jawaban yang tepat adalah A.
6. DDalam kalimat di atas ada 2 kejadian yang digabungkan di mana kejadian pertama merupakan kejadian yang tiba-tiba atau tidak memerlukan durasi lama sehingga harus menggunakan simple past (subjek + verb 2) sedangkan kejadian kedua merupakan kejadian yang memerlukan durasi sehingga harus menggunakan past continuous. Pada kejadian pertama sesuai rumus simple past, setelah subjek langsung diikuti kata kerja ke 2. (come menjadi came). Sedangkan pada kejadian kedua terdapat 2 subjek (jamak) sehingga harus menggunakan to be “were” dan kata kerjanya diubah menjadi “watching.”
7. CRumus yang benar untuk kalimat negatif pada future continuous tense adalah, s + will + not + be + verb ing. Contoh kalimatnya adalah “she will not be studying Spanish at 8 AM tomorrow.” Rumus ini tidak bisa dibolak balik dan harus sesuai urutan yang benar.
8. DSebelum menerjemahkan, kita harus tahu dulu jenis kalimat apakah ini. Ya, ini adalah kalimat tanya dan sesuai dengan rumus kalimat tanya pada future continuous tense ( Will + S + be + verb ing ), maka susunan yang benar ada pada jawaban D. “will you be coming to my birthday party at this time next week?”
9. ADari percakapan di atas, jawaban yang diberikan dapat berupa kalimat future continuous tense, karena menjelaskan sesuatu yang akan dilakukan di waktu yang spesifik pada masa yang akan datang. Sesuai rumus kalimat positif pada future continuous tense ( S + will + be + verb ing), maka yang benar adalah A.
10. DMenggabungkan dua kejadian dalam satu kalimat yang menjelaskan sesuatu yang akan terjadi di masa yg akan datang bisa menggunakan future continuous tense dan simple present tense. Pada pernyataan di atas, kalimat sebelum kata “when” harus menggunakan future continuous ( S + will + be + Verb ing ) menjadi “I will be waiting....”, sedangkan kalimat setelah kata “when” harus menggunakan simple present (S + verb 1) menjadi “you arrive....” Jadi jawaban yang tepat adalah D.
Sumber:http://www.kursusmudahbahasainggris.com/2013/07/pengertian-kegunaan-rumus-dan-contoh_15.html?m=1https://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/present-continuous-tense.aspx
Aplikasi Ruang Guru

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Procedure text

Drug Label

Present Perfect Tense