Present Perfect Tense

Present Perfect Tense

Present perfect tense adalah suatu bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan suatu aksi atau situasi yang telah dimulai di masa lalu dan masih berlanjut sampai sekarang atau telah selesai pada suatu titik waktu tertentu di masa lalu namun efeknya masih berlanjut.

Ada 2 macam

1. Verbal Pattern

2. Nominal Pattern

1. Verbal Pattern

   S + has/have + V3 + Objective/Compelement

   

Example of Verbal sentences

+ They have finished their homework

-  They have not finished their homework

? Have they finished their homework?

2. Nominal Pattern

   S + has/have been + Objective/Conplement

Example of Nominal Sentences

+ My sister has been a doctor for ten years

-  My sister has not been a doctor for ten years

? Has My sister been a doctor for ten years

Has: She, he, it

Have: I, you, they, we

Contoh soal

1.The children are singing happily because their uncle____________ them some presents.

 

A. Just gave

B. Has just given

C. Gives

D. Would give

2.I haven't .......... the ferry to Ellis Island either.

 

A. Taken

B. Swam

C. Jumped over

D. Driven

3.Fadhil ___________ in that Company for 2 years.

 

A. Serves

B. Have sarved

C. Was saving

D. Has served

4.Recently,   I ______ a lot. My exams are in a few weeks.

 

A. Study

B. Am studying

C. Have studied

D. Has studied

5.Ms. Lagant ______________as a sales representative for three years.

A. Has worked

B. Is working

C. Worked

D. Have worked

6.Tini ______ her exercises yet.

 

A. Has finished

B. Hasn't finished

C. Have finished

D. Haven't finished

7.Have you ever .......... to New York?

A. Flew

B. Went 

C. Go

D. Been

8.Has she _____ the novel she borrowed a month ago?

 

A. Return

B. Returned

C. Been returning

D. Returns

9.Mrs. Paula has _______in this school__________15 years.

A. Taught, since

B. Teached, for

C. Taught, for

D. Teached, since

10.She has lived in that big house_____________ 2 years ago.

A. As

B. While

C. Since

D. When

Answer

1. B

are singing pada kalimat di atas merupakan present continuous tense yang berfungsi menyatakan kejadian yang sedang berlangsung di masa sekarang. “Anak-anak itu sedang bernyanyi senang karena……..” artinya mereka senang karena ada sesuatu yang sedang atau baru saja terjadi pada saat itu. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

2. A

Ferry berarti kapal penyeberangan. Untuk transportasi umum, kita menggunakan verb “take”, seperti take the bus, take the train, dan sebagainya. Dalam present perfect, kita menggunakan verb 3, sehingga take menjadi taken. Berarti, jawaban yang tepat adalah A, sehingga kalimatnya menjadi “I haven't taken the ferry to Ellis Island either.”

3. D

For two years merupakan durasi waktu yang menunjukkan bahwa kejadian tersebut terjadi pada waktu yang tidak spesifik di masa lampau dan kemungkinan masih terjadi sampai sekarang. Maka, tenses yang kita gunakan adalah Present Perfect. Karena subjeknya tunggal, maka pola yang kita pakai adalah has + V3. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

4. C

Recently artinya akhir-akhir ini. Kata keterangan ini menunjukkan suatu kejadia yang mulai terjadi mulai dari waktu yang tidak spesifik di masa lampau, misal mulai bulan lalu, minggu lalu dan lain-lain dan masih terjadi sampai sekarang. Untuk menyatakan hal tersebut, tenses yang digunakan adalah Present Perfect. Karena subjeknya I, pola yang kita gunakan adalahhave + V3. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

5. A

For three years menunjukkan durasi waktu yang dimulai dari 3 tahun lalu dan kemungkinan masih terjadi sampai sekarang, maka tenses yang kita gunakan adalah Present Perfect. Karena subjeknya tunggal, maka pola yang kita gunakan adalah has + V3. Jadi, jawaban yang benar adalah A.

6. B

Yet pada kalimat di atas menunjukkan suatu kejadian yang belum (selesai) terjadi, sehingga tenses yang kita gunakan adalah Present Perfect dalam bentuk negatif. Karena subjeknya tunggal, maka pola yang kita gunakan adalah has + not + V3. Jadi, jawaban yang benar adalah B.

7. D

Untuk menanyakan apakah seseorang pernah ke suatu tempat, kita menggunakan have/has + subject beenJadi, jawaban yang tepat adalah D, sehingga kalimatnya menjadi “Have you ever been to New York?”

8. B

has pada awal kalimat menunjukkan bahwa kalimat tersebut adalah kalimat tanya yang dibuat dalam kalimat present perfect tense dan polanya adalah Has/Have + S + V3 + O/C? Jadi, jawaban yang benar adalah B.

9. C

Kalimat di atas menggunakan bentuk present perfect positive sentence. Rumusnya (S + has/have + verb 3). Verb 3 dari kata teach adalah taught. Dan untuk kata penghubung waktunya yang tepat adalah for yang artinya selama. Jadi kalimatnya akan menjadi Mrs. Paula has taught in this school for 15 years. Artinya “Mrs. Paula telah mengajar di sekolah ini selama 15 tahun.” Jadi jawaban yang tepat adalah C.

10. C

Kalimat di atas menggunakan bentuk present perfect positive sentence. Rumusnya (S + has/have + verb 3). Verb 3 dari kata teach adalah taught. Dan untuk kata penghubung waktunya yang tepat adalah for yang artinya selama. Jadi kalimatnya akan menjadi Mrs. Paula has taught in this school for 15 years. Artinya “Mrs. Paula telah mengajar di sekolah ini selama 15 tahun.” Jadi jawaban yang tepat adalah C.

Sumber:

https://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-present-perfect-tense

http://kelasbahasainggris.com/present-perfect-tense/

Aplikasi Ruang Guru

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Procedure text

Drug Label